10 Okt 2010

Jason Becker Gitaris Handal Lumpuh Total

Jason Becker adalah seorang anak ajaib yang mampu menguasai permainan gitar dengan sangat baik dalam waktu yang pendek (4 tahun) dan pada umur yang muda sekali, 16 tahun (1987). Jika kita mendengar hasil karya besar Jason, kita akan merasakan seolah-olah Mozart dan Bach hidup kembali dengan usia muda tersebut. Jason dapat dengan mudah menciptakan komposisi klasik yang sangat rumit (lebih rumit dari karya Yngwie atau gitaris lainnya) dan memainkannya dengan sangat cepat dan bersih baik electric guitar maupun gitar bolong. Dari sekian bayak gitaris shredder, Jason Becker-lah yang terbaik dalam komposisi klasiknya. 


Pada umur 20, Jason bergabung dengan David Lee Roth's band, yang dianggap merupakan excellent gig buat gitaris pendatang baru (gitaris yang digantikan adalah Steve Vai). Pada saat merekam album A Little Ain't Enough dan mempersiapkan turnya, Jason mulai merasa pincang di kaki kirinya. Kemudian dia didiagnosa menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS - atau Lou Gehrig's Disease) dan divonis bahwa hidupnya tinggal lima tahun lagi. Dia hampir tidak dapat menyelesaikan rekaman dengan menggunakan low-gauge (thin) guitar strings (gitar dengan senar tipis) , yang digunakan untuk mempermudah bermain gitar dengan tangan yang semakin melemah (pada saat ini tidak ada yang mengetahui penyakitnya kecuali temannya, Steve Hunter. Meskipun pada akhirnya dia bias menyelesaikan album tersebut (yang akhirnya mendapat gold), dia terpaksa tidak dapat melakukakn tur karena ketidakmampuannya bermain di atas panggung.

Pada tahun 1996 Becker merilis sebuah album berjudul Perspective, sebuah album instrumentalia yang diciptakannya (kecuali lagu Bob Dylan Meet me in the morning yang dimunculkan pada track terakhir). Penciptaan musik rekaman tersebut telah dimulai sebelum ALS melumpuhkan kemampuannya bermain. Dengan menggunakan gitar dan sebuah keyboard pada saat dia tidak dapat menggerakkan kedua tangannya, dia terus menciptakan saat penyakitnya memburuk. Meski demikian, ketika Becker tidak dapat lagi bermain keuboard secara fisik, teman dan produser musik Mike Bemesderfer membantunya dengan music-composing computer program yang dapat mebaca gerakan kepalanya. Hal ini mebuat Becker mampu terus berkarya meskipun dia sudah kehilangan kendali atas seluruh tubuhnya.
Akhirnya dia kehilangan kemampuannya untuk berbicara (karena dia tidak bisa menggerakkan mulutnya) dan berkomunikasi dengan menggunakan matanya melalui sebuah sistem yang dikembangkan oleh keluarganya. Meskipun ALS secara bertahap merenggut kemampuannya untuk bermain gitar, berjalan, dan akhirnya berbicara, secara mental dia tetap sehat dan melalui bantuan computer dia terus berkarya. Di bagian belakang kotak CD Perspective, Jason mengatakan "Aku mempunyai Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS atau Lou Gehrig's Disease), yang membuat tubuhku cacat dan membuatku tidak dapat berbicara, tapi tidak pikiranku". Dalam usian 30an, kondisi medisnya tetap stabil sejak 1997, yang sangat jarang terjadi pada ALS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar