10 Okt 2010

Efek sering di depan Komputer

Komputer akhir-akhir ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang mungkin jikalau di urutkan pada tingkat kepentingannya maka sudah dimasukkan kedalam tingkatan sekunder, yang berarti ada pada satu tingkat dibawah kebutuhan pokok. Hal ini dapat dilihat dari tingginya intensitas penggunaan komputer pada kesehariannya.

Seperti yang kita ketahui jikalau alat elektronik sejenis komputer memiliki effek pasti memiliki effek baik positif maupun negatif pada penggunaannya. Baiklah kita akan mulai membahas mengenai beberapa effeknya, yang merupakan hasil dari pengamatan yang sudah ada.

Nah beberapa effek negatif komputer yang dapat berpengaruh ke kesehatan mental atau psikologi manusia adalah sebagai berikut:


1. Anti sosial,
merupakan sifat yang individualis atau penyendiri, sering merasakan mereka tidak punya kaitan dengan masyarakat dan berbudaya umum , atau justru merasa bahwa masyarakat atau budaya yang mumum yang menghindari mereka. Ya seperti yang kita ketahui jikalau ketika kita berhadapan dengan komputer, maka kita bekerja secara individual adapun sekarang ini dengan ramainya situs-situs jejaringan sosial dan fasilitas chating untuk mengobrol dirasakan bukanlah sebuah alat utama untuk menjadikan seseorang memiliki cara komunikasi yang baik. Hal ini dapat digambarkan dan dirasakan ketika kita melakukan pembicaraan baik di jaringan sosial ataupun saat chat, kita selalu memiliki topik pembicaraan yang banyak, sedangkan ketika berbicara tau mengobrol dalam kehidupan keseharian tidak selancar seperti apa yang biasa kita lakukan seperti di jaringan tersebut.

2. Vertigo,
merupakan gangguan keseimbangan atau gangguan orientasi di ruangan atau kondisi dimana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak. Kelainan ini terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga serig menyebabkan vertigo.

3. Adiksi atau ketergantungan terhadap internet,
seperti yang kita ketahui jikalau dengan beredarnya situs jejaringan sosial seperti facebook menjadikan sebuah ketergantungan bagi penggunanya, hal ini dikarenakan komunikasi yang dilakukan didalamnya yang menimbulkan rasa penasaran dan kesenangan tersendiri. Dimana perasaan ketergantungan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkoba. Sehingga terkadang kita tidak dapat mengenal waktu dan tempat untuk selalu mengecek kondisi ada site jejaringan tersebut. dalam suatu artikel pernah dibahas mengenai seorang anak yang mencuri laptop di amerika hanya karena untuk mengecek dan mengupdate status facebooknya, hal ini merupakan sebuah gambaran akan ketergantungan terhadap internet yang sudah berlebihan sehingga dapat menyebabkan kerugian yang sangat fatal.

Adapun efek yang berpengaruh terhadap kesehatan fisik manusia adalah sebagai berikut:

1. Radiasi monitor,
tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantilan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangnan dan lain sebagainya akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. (1,3)Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata. Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata. Bila operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata. Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun. Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun.

2. Repetitive Strain Injury (RSI),
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries). Keluhan ini terutama diderita oleh para pekerja dengan posisi duduk yang statis saat menggunakan komputer atau menggunakan gerakan tangan yang berulang (repetitive) setiap hari, beban kerja yang statis (seperti menggenggam mouse), membiarkan lengan membengkok, dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama. Ini akan bertambah buruk jika tempat kerja tidak didesain secara ergonomis, misalnya posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dan sebagainya. Hal ini akan semakin parah bila ditambah lingkungan kerja yang kurang bergerak, kurang istirahat, mengandung stress tinggi dengan deadline dan laporan rutin serta lainnya. Apalagi jika Anda perokok, menderita kegemukan (obesitas), lemah otot, memiliki tangan yang terasa dingin serta kurang berolah raga. Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut:

* kesulitan membuka dan menutup tangan,
* otot tangan terasa kaku (misalnya hingga kesulitan mengancing baju),
* kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halam buku, memutar tombol, memegang mug),
* bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutaa di awal pagi hari,
* tangan terasa dingin,
* tangan gemetar (tremor),
* tanggan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa.

Nah setelah kita membahas mengenai effek yang terjadi, bukanlah lantas menjadikan kita kurang produktif dalam keseharian kita, melainkan kita harus memiliki usaha yang sama pula untuk dapat menyeimbangkan permasalahan yang ada. Nah adapun cara yang dapat digunakan dalam penyeimbangan dari effek negatif saat kita bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut:


1. jaga jarak komputer dengan mata anda, minimal 50 cm,
2. atur posisi monitor, sehingga monitor sejajar dengan mata anda,
3. atur pencahayaan sehingga tidak ada pantulan cahaya yang menyilaukan,
4. berkediplah lebih sering untuk menjaga mata agar tidak kering (minimal 5 menit sekali),
5. gunakan filter monitor yang bagus untuk mengurangi radiasi,
6. sesekali menolehlah ke arah pandangan yang jauh untuk mengendurkan ketegangan di mata,
7. setiap 2-3 jam, beristirahatlah sekitar 5 menit untuk mencegah keletihan mata dan juga badan dari radiasi misalnya: pergi ke kamal kecil),
8. Jika anda sering menggunakan komputer milik orang lain yang tidak ada filter monitornya (misalnya anda presentasi di tempat lain), cobalah pakai kacamata dengan lensa khusus untuk mengurangi radiasi komputer,
9. Jika anda sering menggunakan komputer milik orang lain yang tidak ada filter monitornya (misalnya anda presentasi di tempat lain), cobalah pakai kacamata dengan lensa khusus untuk mengurangi radiasi komputer.
10. Ada baiknya jika anda mengganti monitor CRT anda yang tebal dengan monitor LCD yang lebih tipis. Karena monitor LCD selain pemakaian wattnya lebih kecil ( hanya 60% dari CRT) juga radiasinya lebih rendah. Jadi lebih aman bagi mata anda.


Sangat mudah bukan untuk mengantisipasi permasalahan dari efek negatif yang ditimbulkan akibat kerja kita dengan komputer. Nah, sekarang tinggalah kesadaran kita dalam mengerjakan apa yang seharusnya kita kerja untuk menjaga kondisi kita agar tetap fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar